Selasa, 10 September 2013

KALIPURO PUNYA SUSU

Kambing etawa ternyata tidak hanya bermanfaat untuk dikonsumsi dagingnya, tapi juga memproduksi susu yang sangat bermanfaat untuk manusia. Nah salah satu yang hingga saat ini masih aktif untuk mengembangkan usaha susu kambing etawa  ini berada di Lingkungan Secang, Kelurahan Kalipuro, Kecamatan Kalipuro.Banyuwangi. Usaha susu ini tidak bisa dipisahkan dengan peternakan kambing etawa yang dirintis oleh Abdul asis pemilik ternak kambing Etawa yang jumlahnya sekitar 70 ekor.


Semula usaha peternakan kambing peranakan dari India ini, berorientasi pada kambing potong. Namun dalam perkembangannya justru susu kambingnya yang lebih diminati, bahkan menurut Abdul Asis, sejak setahun terakhir dirinya kewalahan memenuhi susu etawa yang datang dari luar Banyuwangi. Abdul Asis mengaku bahwa dalam 1 hari bisa menghasilkan 50 Liter susu segar kemudian di simpan dalam Freezer agar kwalitas susu tidak terkontaminasi. Lebih lanjut Abdul Asis mengatakan, bahwa susu hasil ternak kambingnya tidak pernak di campur dengan bahan-bahan pengawat dan semacamnya. bahkan, bagi pembeli yang ingin menikmati  susu kambing etawa ini bisa langsung menikmati kesegarannya 5 menit setelah susu di peras.


Meskipun harga susu etawa lebih mahal dari susu sapi, yakni 15 ribu per liternya.
Namun permintaan susu etawa terus meningkat. Menurut para peternak susu etawa ini sangat bagus untuk ketahanan tubuh bayi, sedangkan untuk orang dewasa susu etawa digunakan untuk penyembuhan berbagai penyakit, seperti asma, liver, kencing manis dan diabetes.
Cara memproses susu etawa cukup mudah, usai diperah susu disaring sebanyak 4 kali lalu dimasak hingga mendidih untuk menambah kelezatan susu bisa ditambahkan jahe dan gula aren.
 Wah...... Pasti nikmat dan segar neh susunya,..hmmmm selain itu bikin tubuh sehat pastinya. Oya, yang ingin menikmati susu kambing etawa, bisa datang langsung ke rumah Abdul Asis yang berada di Lingkungan Secang Kalipuro ( Tepatnya 500 Meter sebelah utara Kelurahan kalipuro)




Oleh : Widie Nurmahmudy
http://widienurmahmudy.blogspot.com/ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar