Sabtu, 03 Agustus 2013

DILEMA KANTOR KUA KALIPURO

Kantorku sayang... Kantorku Malang

Tidak seperti kantor instansi pada umumnya, ternyata Kantor Urusan agama KUA Kecamatan Kalipuro kondisinya sangat memperihatinkan. Selain kerena letaknya yang jauh dari rumah penduduk, ternyata kantor KUA ini belum memiliki fasilitas telpon dan listrik sendiri. Dan bukan hanya itu saja, lokasi kantor yang berada di tengah ladang dan sepi dari keramaian itu ternyata sering kali di satroni pencuri.

Sejak di bangun pada tahun 2000 lalu hingga saat ini, kantor KUA kalipuro masih belum bisa melakukan pengiriman data secara online, hal itu di sebabkan kerena belum adanya sarana telepon yang bisa di gunakan untuk mengakses internet. Dan otomatis semua pekerjaan dan tugas-tugas pun di lakukan secara manual, baik untuk pengiriman laporan data ataupun untuk menerima data dan informasi terbaru lainnya. Padahal, lokasi kantor KUA Kalipuro masih dalam wilayah Krajan.

Selain tidak adanya saluran telepon, kantor KUA Kalipuro juga tidak memiliki listrik sendiri.Dan kalaupun saat ini menggunakan listrik, itu pun di ambilkan dari mushollah sebelah barat kantor KUA yang jaraknya kurang lebih 800 meter. Padahal, pihak KUA sudah beberapa kali mengajukan permohonan pada pihak PLN agar bisa menginstalasi listrik sendiri.Namun hingga saat ini masih belum terealisasi. Ironisnya, adanya peternakan yang lokasinya di sebelah timur kantor KUA, sudah lama  bisa dengan mudah menikmati listrik.

Bukan hanya tak ada fasilitas telepon dan listrik, ternya untuk air pun di kantor KUA Kalipuro belum ada PDAM, dan untuk sementara ini hanya menggunakan air yang menyalur dari rumah penduduk.

Padahal, kantor KUA merupakan lembaga pemerintah yang vital untuk melayani lapisan masyarakat dari berbagai macam permasalahan. Jadi, Ironis sekali bila untuk era sekarang ini, masih ada lembaga besar yang ternyata belum mendapat perhatian dari Pemerintah Daerah sendiri.

( Oleh : Widie Nurmahmudy )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar