Sabtu, 24 Agustus 2013

SOSIALISASI PNPM KALIPURO


Mungkin kita semua sudah tahu tentang program pemerintah untuk mengatasi permasalahan kemiskinan di negeri tercinta ini, program tersebut adalah PNPM Mandiri. Apakah PNPM Mandiri itu? PNPM Mandiri adalah singkatan dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri. Dengan tujuan untuk meningkatkan efektivitas penanggulangan kemiskinan dan penciptaan lapangan kerja.


Program PNPM Mandiri adalah upaya penanggulangan kemiskinan yang melibatkan unsur masyarakat, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga pemantauan dan evaluasi. Melalui proses pembangunan partisipatif, kesadaran kritis dan kemandirian masyarakat, terutama masyarakat miskin, dapat dapat ditumbuhkembangkan sehingga mereka bukan sebagai obyek melainkan sebagai subyek upaya penanggulangan kemiskinan.

Nah... Beberapa waktu yang lalu, Ketua PNPM Mandiri, Bapak KETUT bersama ketua LPMK Bapak HARIONO lagi meninjau salah satu daerah yang mendapat bantuan melalui program PNPM mandiri.


Dalam kesempatan yang sama, para Tokoh pembangunan ini berharap agar para warga melakukan kerja bakti bersama untuk mempercepat proses pembangunan Jalan yang menjadi target PNPM Mandiri Tahun ini.

Bagaimana awal mula program ini berjalan ? Pelaksanaan PNPM Mandiri berawal tahun 2007 dimulai dengan Program Pengembangan Kecamatan (PPK) sebagai dasar pengembangan pemberdayaan masyarakat di perdesaan beserta program pendukungnya seperti PNPM Generasi, Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan (P2KP) sebagai dasar bagi pengembangan pemberdayaan masyarakat di perkotaan, dan Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Khusus (P2DTK) untuk pengembangan daerah tertinggal, pasca bencana, dan konflik.


Mulai tahun 2008 PNPM Mandiri diperluas dengan melibatkan Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) untuk mengintegrasikan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi dengan daerah sekitarnya. PNPM Mandiri diperkuat dengan berbagai program pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan oleh berbagai departemen/sektor dan pemerintah daerah. Pelaksanaan PNPM Mandiri 2008 juga akan diprioritaskan pada desa-desa tertinggal.


( Oleh : Widie Nurmahmudy )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar