Jumat, 09 Agustus 2013

KKN MAHASISWA UNTAG DI KELURAHAN KALIPURO

TERJUN KE LOKASI " UKM " DI PAPRING

Meluncur menyusuri jalanan berlobang dan tanjakan bebatuan, tidak menjadi penghalang bagi mahasiswa UNTAG untuk melihat langsung tata cara pembuatan  kerajinan anyaman bambu (gedeg) yang terbuat dari  kulit bambu di salah satu wilayah utara Kalipuro utara, tepatnya di Lingkungan Papring, saat  KKN selama 30 hari di Kelurahan kalipuro.

Selain melihat dan melakukan praktek 'menganyam' gedeg kulit bambu, para mahasisawa yang berasal dari berbagai jurusan akademis itu juga menyatroni (penjahat kaleee..) tempat pembuatan kerajinan perabotan dapur yang yang juga terbuat dari bahan utama bambu dan rotan.



Setelah selesai melakukan dialog dengan para pengrajin anyaman bambu (gedeg), para mahasiswa UNTAG melanjutkan perjalanannya untuk melihat proses pembuatan perabot rumah tangga, seperti gelas, piring, vas bunga, keranjang sampah dan tempat nasi yang terbuat dari bambu dan juga rotan.



Dan selesai melihat hasil kerajinan masyarakat yang bagus, unik dan menarik tersebut. Mahasiwa UNTAG merasa senang dengan kreasi antik masayarakat Papring, sekaligus merasa prihatin kerena belum adanya wadah yang menjembatani kerajinan bambu untuk di pasarkan agar warga pengrajin bisa mendapatkan penghasilan untuk mendongkrak pendapatannya.

dari dari rasa keprihatinan itulah, para mahasiswa berkomitmen untuk membantu mempublikasikannya melalui internet agar masyarakat luar Kalipuro juga bisa menikmati salah satu kreasi anak bangsa yang ada di Lingkungan Papring. Kelurahan Kalipuro - Banyuwangi.


(Oleh : Widie Nurmahmudy )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar